Minggu, 31 Maret 2013

KEPRIBADIAN


APA ITU KEPRIBADIAN ?
            Sebetulnya banyak pendapat ataupun teori mengenai makna dari kepribadian tersebut. Banyak tokoh psikologi maupun para filsuf mendefinisikan kepribadian dengan cara dan argument mereka yang beragam dan kesemuanya menuju pada suatu titik yang hampir sama. Setelah saya membaca dan mempelajari dari beberapa pendapat para ahli maka menurut diri pribadi saya sendiri menyimpulkan bahwa kepribadian adalah karakteristik seseorang yang menyebabkan munculnya konsistensi perasaan , pemikiran dan perilaku kita di dunia nyata. Kepribadian mengisyaratkan kita untuk membahas pola konsistensi perilaku dan kualitas dalam diri seseorang yang berbeda, seperti contoh: bagaimana lingkungan bisa mempengaruhi kepribadian seseorang ataupun bagaimana kepribadian bias mempengaruhi lingkungan tersebut. Teori-teori dalam kepribadian ini juga menekankan berbagai macam motivasi (misalnya, pereda ketegangan, aktualisasi diri, kekuatan, dan lain-lain).



MENGAPA BELAJAR KEPRIBADIAN ITU PENTING ?
            Saat saya beranjak dari bangku SMA saya berfikir untuk mengambil jurusan psikologi karena saya ingin sekali mempelajari mengenai individu manusia secara keseluruhan dan utuh, tetapi pada mata kuliah psikologi umum I saya tidak mendapati ilmu seutuhnya karena didalamnya tidak terdapat keseluruhan yang saya inginkan mengenai itu. Saat saya beranjak ke semester II saya bertemu dengan mata kuliah “kepribadian” dan pada akhirnya saya sadar disinilah apa yang saya cari di mulai. Teori dalam kepribadian membahas manusia secara utuh ,dan mencoba memahami bagaimana semua aspek dari fungsi seseorang berkaitan satu dengan yang lain. dalam teori kepribadian ini kita tidak hanya berpengaruh dalam batasan psikologi ilmiah saja, tetapi juga mempengaruhi masyarakat secara umum. Ide teori kepribadian telah menjadi bagian tradisi intelektual pada abad-abad yang lalu sehingga berbagai ide ini telah mempengaruhi pemikiran pribadi kita sendiri, bahkan mungkin sebelum saya mengambil mata kuliah kepribadian ini.
            Sebagai contoh, riset kepribadian membahas bagaimana seseorang berbeda dalam persepsi mereka dan bagaimana perbedaan ini berkaitan dengan fungsi total individual, oleh karna itu teori kepribadian tidak hanya fokus pada proses psikologis, tetapi juga pada hubungan antar proses ini. Kita juga bisa mempelajari bagaimana karakteristik seorang individu, bagaimana lingkungan dan faktor biologis bisa mempengaruhi seorang individu dalam pola tingkah laku, kebiasaan, sikap dan lain sebagainya. Oleh karena itu saya menyimpulkan bahwa alasan utama mempelajari kepribadian adalah karena ini merupakan salah satu bidang psikologi yang membahas topik paling kompleks dan dan pembahasan yang paling menarik secara keseluruhan yang dimana  teori kepribadian ini menjelaskan individu yang utuh, terintegrasi, koheren dan unik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar